Logo Bandung Lautan Api

Hackathon 2018

Kompetisikan Ide Kreatifmu untuk Majukan Ekonomi Kreatif
Kota Bandung

43
Tim
163
Orang
43
Aplikasi

Bandung Lautan API Hackathon — Double Diamond

Amplifying Bandung Creative Industry Using Patrakomala Database to Increase Tourism.

Ada bermacam masalah yang dihadapi pelaku industri kreatif dan UMKM di Kota Bandung. Lalu, bagaimana cara developers mengetahui masalah-masalah ini dan memberikan solusi aplikasi yang tepat?
Di Bandung Lautan API Hackathon, developers akan mengidentifikasi masalah tersebut dengan bertemu langsung dengan pengusaha-pengusaha UMKM. Pengusaha UMKM akan membagikan masalah-masalah yang mereka hadapi sehari-hari. Developers akan diberi kebebasan untuk berinovasi dan mewujudkan aplikasi yang dapat sehingga aplikasi yang nantinya dikembangkan akan memiliki dampak yang nyata untuk mengakselerasi ekonomi kreatif.

Desain Proses “Double Diamond”

Discover

Developers dipertemukan dengan penguasaha UMKM untuk mengidenfikasi masalah-masalah nyata yang menghambat pengusaha UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Define

Tahap kedua adalah kelanjutan dari tahap pertama, di mana developers mengideasikan kemungkinan yang muncul dari tahap Discover. Tujuannya adalah agar mendapatkan kerangka pemikiran yang jelas yang menjadi dasar pemecahan masalah.

Di tahap Define, developers mendefinisikan masalah yang sudah diidentifikasi dari tahap Discover lalu mengideasikannya sebagai ide-ide yang kreatif, solutif, dan orisinal. Ide-ide inilah yang akan menjadi kerangka pemikiran yang jelas sebagai dasar dari pemecahan masalah.

Develop

Tahap selanjutnya adalah Develop, yaitu konsep-konsep ideasi yang muncul dari tahap Develop mulai dikembangkan dan diuji. Ide-ide baru yang muncul di tahap ini juga bisa ikut diaplikasikan di iterasi-iterasi selanjutnya.

Di tahap Develop, ide paling kreatif, solutif, dan orisinil yang muncul dari tahap Define mulai dikembangkan secara nyata sehingga nantinya akan menjadi aplikasi yang nyata dan dapat didemonstrasikan.

Delivery

Di tahap terakhir ini, aplikasi nyata yang sudah sukses dikembangkan sebagai buah hasil tiga tahap sebelumnya difinalisasikan dan didemonstrasikan.


Pemenang

JUARA 1

MANDALA

Aplikasi mobile end-to-end micro-event management dan direktori event untuk industri kreatif di kota Bandung.

JUARA 2

SELLUTION PROJECT

One stop sollution marketing apps for SME dengan fitur smart create post and marketing performance control.

JUARA 3

SADIKIN

New way to spend your time. Perencanaan wisata dengan personalisasi tiap pengguna.

JUARA FAVORIT JURI 1

BANDA

Chatbot yang dapat dijadikan asisten informasi event dan ukm diwilayah tertentu.

JUARA FAVORIT JURI 2

XYNERGY

Aplikasi yang dibuat untuk membantu user dan agen travel untuk merencanakan perjalanan wisata dengan rekomendasi dan kategori wisata tertentu.


Peserta




Galeri






FAQS

Apakah acara Bandung Lautan API Hackathon itu?

Bandung Lautan API Hackathon adalah sebuah kegiatan berbasis teknologi informasi bagi software developers dan startup untuk berkumpul bersama dan berkompetisi dalam memecahkan masalah dalam industri kreatif di Kota Bandung. Bandung Lautan API Hackathon adalah salah satu bentuk nyata Disbudpar Kota Bandung dalam mengakselerasi perkembangan ekonomi kreatif Kota Bandung sesuai dengan perkembangan zaman.


Siapakah yang bisa mendaftar sebagai peserta Bandung Lautan API Hackathon?

Software developers dan startup dapat mendaftar sebagai peserta.


Adakah batas minimal dan maksimal anggota tim yang berpartisipasi di Bandung Lautan API Hackathon?

Peserta boleh mendaftarkan diri sebagai individu maupun tim. Tim yang berkompetisi beranggotakan tidak lebih dari enam orang.


Apa saja hadiah Bandung Lautan API Hackathon?

Tim yang aplikasinya terpilih menjadi juara di Bandung Lautan API Hackathon berhak untuk mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp15.000.000.


Di manakah dan kapan Bandung Lautan API Hackathon diselenggarakan?

Bandung Lautan API Hackathon diselenggarakan pada 6 Oktober 2018 di Atlantic City Hotel, Jl. Pasir Kaliki No.126, Arjuna, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171.


Berapa lama waktu yang diberikan untuk membuat aplikasi di Bandung Lautan API Hackathon?

Tim yang berkompetisi akan diberi waktu 23 jam untuk menciptakan purwarupa aplikasi yang fungsional, dengan fitur-fitur dasar yang dapat didemonstrasikan secara langsung.

Diselenggarakan Oleh: