MUSICONIC 2019 Bandung Music Week


Setelah melalui program inkubasi Patrakomala Coffee Club, Musiconic menetapkan suatu pergerakan yang diberi nama Orkestrasi Musisi Kota Bandung yang dilanjutkan dengan eksibisi Musiconic – Bandung Music Week; Diharapkan Musiconic selalu terselenggara di setiap bulan September, sekaligus dalam rangka merayakan Hari Jadi Kota Bandung di setiap tahunnya.

Hari Jadi Kota Bandung yang jatuh pada tanggal 25 September selanjutnya akan diwarnai dengan eksibisi Bandung Music Week yang diharapkan selain dapat menjadi selebrasi Hari jadi Kota Bandung, kedepan dapat menarik kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara. Sebelum dilaunching pada tahun depan, Musiconic – Bandung Music Week akan melakukan inkubasi kepada para pemangku kepentingan di sub-sektor musik agar tercipta ekosistem yang baik dan dapat menimbulkan dampak positif dari sisi ekonomi melalui kreatif turisme yang terus dikampanyekan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

Musiconic – Bandung Music Week akan menjadi ajang yang menarik untuk dipertunjukan sekaligus menjadi eksibisi bursa musisi di Kota Bandung. Musiconic tidak hanya dapat dinikmati oleh para pencinta musik, melainkan juga berbagai pemangku kepentingan di dalam pentahelix ekosistem musik di Kota Bandung (akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media). Diharapkan Musiconic dapat menjadi perhelatan yang dapat mempromosikan musisi Kota Bandung ke dunia industri; bahkan dapat memberikan nilai tambah melalui industri pariwisata kreatif di Kota Bandung.

Pada tahun ini, Inkubasi Musiconic menghasilkan suatu album perdana Musiconic dari 12 Musisi (Band/Solo) yang secara sukarela mendonasikan lagunya demi tercapainya orkestrasi musisi di Kota Bandung. Selanjutnya, terdapat 14 (empatbelas) band/solo yang sudah bersiap untuk mendonasikan lagunya untuk album Musiconic berikut di tahun 2020. Bahkan, diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah setelah Musiconic 2019 terselenggara. Namun, untuk dapat masuk ke dalam album ini, donatur lagu (band/solo) wajib mengikuti inkubasi yang diselenggarakan oleh Disbudpar Kota Bandung bidang ekonomi kreatif melalui kegiatan Patrakomala Coffee Club sub-sektor musik.

Produksi album Musiconic dilakukan tanpa biaya dari APBD Pemerintah Kota Bandung, sehingga dapat dipasarkan untuk kalangan tersendiri yang memiliki ketertarikan untuk turut membantu perkembangan ekosistem musik di Kota Bandung. Jumlah album yang diproduksi sangat terbatas bagi komunitas solo/band yang telah masuk ke dalam album Musiconic edisi Perdana dan diberi label “certificate of authenticy” yang menjamin originialitas keping CD yang dijual, kedepannya CD Musiconic dapat dikemas menjadi “souvenir” bagi wisatawan yang datang di Kota Bandung. Selanjutnya, hasil penjualan akan dikelola oleh para musisi yang terlibat dan akan digunakan untuk pengembangan kegiatan Musiconic agar dapat terus memberikan multiplier effect yang positif bagi perkembangan musik di Kota Bandung.

Musiconic – Bandung Music Week akan diselenggarakan pada tanggal 22 – 26 September 2019, bertempat di Gedung Majestic, Braga 1 – Kota Bandung. Acara berlangsung selama 5 (lima) hari agar dapat menampung banyaknya pelaku yang terlibat dalam acara ini, sebagai wujud dari showcase adanya ekosistem musik di Kota Bandung. Tercatat lebih dari 40 Band/ Solo akan berpartisipasi dalam kegiatan Musiconic 2019.

Share To Social Media :