Safari HKI

Sarana Fasilitasi Terintegrasi Hak Kekayaan Intelektual Untuk
Para Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Bandung

Daftar Sekarang

Apakah SAFARI HKI EKRAF ?

SAFARI HKI EKRAF merupakan sarana pelayanan terintegrasi secara online melalui portal PATRAKOMALA untuk memfasilitasi para pelaku 16 subsektor ekonomi kreatif di Kota Bandung yang ingin mengajukan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) ke Kemenkum dan HAM RI.

SAFARI HKI EKRAF, merupakan upaya Pemerintah Kota Bandung untuk mengatasi rendahnya tingkat kepemilikan Hak Kekayaan Intelektual para pelaku ekonomi kreatif khususnya di Kota Bandung, dengan cara meningkatkan kemudahana sarana akses pelayanan dari manual menjadi online dan peningkatkan kualitas pelayanan dengan memperbaiki standar operasional prosedur yang lebih memberikan jaminan kepastian bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk memperoleh sertifikat Hak Kekayaan Intelektual




Siapa saja yang Bisa Bergabung di Safari HKI EKRAF ?

Para pelaku ekonomi kreatif yang akan difasilitasi melalui SAFARI HKI EKRAF adalah penduduk Kota Bandung yang telah melalui proses kurasi atau assessment, sudah memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, untuk diajukan memperoleh sertifikat Hak Kekayaan Intelektual ke Kemenkum dan Ham RI.

Dimana Pelayanan Safari HKI EKRAF dilaksanakan ?

Pelayanan SAFARI HKI EKRAF dilaksanakan di Bidang Ekonomi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Jl. Ahmad Yani No. 277 Kota Bandung

Kenapa harus bergabung dengan Safari HKI EKRAF ?

  • Bagi para pelaku ekonomi kreatif yang difasilitasi di SAFARI HKI EKRAF akan memperoleh beberapa keuntungan dan manfaat, diantaranya adalah,
  • Memperoleh kemudahan akses pelayanan secara online sehingga dapat diakses setiap waktu diberbagai tempat.
  • Bagi para pelaku ekonomi kreatif yang telah lulus proses kurasi atau assesment biaya pendaftaran HKI ke Kemenkum dan HAM RI akan ditanggung oleh pemerintah Kota Bandung.
  • Para pelaku ekonomi kreatif dapat menghemat pengeluaran dan pembiayaan pendaftaran HKI yang lebih murah.
  • Memperoleh jasa pemdampingan dan konsultasi gratis dari konsultan ahli HKI secara gratis.
  • Progres pendaftaran sampai dengan penetapan HKI di Kemenkum dan HAM RI akan dipantau sampai dengan sertifikasi HKI ditetapkan.

Bagaimana Cara Bergabung di Safari HKI EKRAF ?

Para pelaku ekonomi kreatif Kota Bandung yang ingin mendapatkan pelayanan SAFARI HKI EKRAF harus mengakses portal PATRAKOMALA kemudian masuk ke menu SAFARI HKI, kemudian mengisi formulir pendaftaran yang tersedia dan melengkapi syaratsyarat administrasi yang sudah ditentukan. Pelaku yang sudah terdaftar akan dikurasi atau diassesment oleh konsultan ahli HKI, selanjutnya akan diberikan arahan teknis, bagi yang telah. Bagi para pelaku yang lulus proses kurasi atau assessment, akan difasilitasi pembiayaan dan pendampingan sertifikasi HKI ke Kemenkum dan HAM RI.

FAQS

Siapa yang bisa mendapatkan pelayanan SAFARI HKI EKRAF ?

Para pelaku 16 subsektor ekonomi kreatif khususnya starup pelaku ekonomi kreatif yang merupakan ppl dibuktikan dengan KTP atau surat keterangan lainnya yang sah.


Segmen usaha yang mendapat pelayanan SAFARI HKI EKRAF sifatnya perorangan atau badan usaha ?

Pelayanan SAFARI HKI EKRAF bisa untuk perorangan, Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Industri Kecil


Kelengkapan administrasi apa saja yang harus disiapkan ?

Bukti KTP Kota Bandung, Surat Perijinan/Surat Ketetangan Usaha Mikro, Usaha Kecil atau Industri Kecil dari instansi terkait.


Jenis Hak Kekayaan Intelektual apa yang bisa dilayani melalui SAFARI HKI EKRAF ?

Pelayanan SAFARI HKI EKRAF akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan para pelaku ekraf di Kota Bandung, pada tahap awal jenis pelayanan Hak Kekayaan Intelektual Ekonomi Kreatif akan dimulai untuk pelayanan Merk dan Hak Cipta, tapi tidak tetutup kemungkinan pada jenis pelayaan HKI lainnya jika kondisinya memungkinkan.


Apakah pelayanan SAFARI HKI EKRAF berbayar ?

Tidak memerlukan biaya alias gratis


Fasilitas pelayanan apa yang diberikan dalam SAFARI HKI EKRAF ?

Fasilitas pelayanan yang disediakan adalah pendampingan oleh konsultan ahli HKI, pembiayaan pengajuan HKI ke Kemenkum dan HAM dan pemantauan sampai penetapan sertifikat HKI oleh Kemenkum dan HAM


Apakah pelaku ekonomi kreatif yang bukan penduduk Kota Bandung bisa mendapatkan pelayanan SAFARI HKI EKRAF ?

Prioritas yang mendapat pelayanan SAFARI HKI EKRAF adalah para pelaku ekonomi kreatif yang menjadi penduduk Kota Bandung.


Apa yang dimaksud Hak Kekayaan Intelektual (HKI) ?

Hak kekayaan Intelektual atau disingkat HKI adalah padanan kata yang biasa digunakan untuk Intellectual Property Right (IPR), yaitu hak yang timbul bagi hasil olah pikir yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia, pada intinya HKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil suatu kreativitas intelektual. Obyek yang diatur dalam HKI adalah karya-karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektula manusia.


Bidang HKI Secara garis besar HKI dibagi dalam 2 (dua) bagian, yaitu :

  1. Hak Cipta (copyright)

  2. Hak Kekayaan Industri (Industrial Design) terdiri dari :

    • Patent

    • Desain Industri

    • Merk

    • Rasia Dagang

    • Desain tata letak sirkuit terpadu

    • Penanggulangan praktek persaingan curang


Diselenggarakan Oleh: